Penerbit Edukati ( Reading Writing Publishing ) Penerbit Edukati ( Reading Writing Publishing ) Edukati Press: Bagaimana Cara Menjadi Penulis Buku teks?

Senin, 03 Juni 2013

Bagaimana Cara Menjadi Penulis Buku teks?

7 Langkah Menulis Buku teks

 

Kumpulan Buku teks
Menulis Buku teks sudah menjadi keharusan bagi seorang dosen baik sebagi media pembelajaran maupun ketika dihadapkan pada keinginan untuk meningkatkan karirnya. Dibandingkan menulis publikasi lainnya, menulis buku teks juga mempunyai kum yang lebih tinggi, hal ini akan membuat peningkatan karir lebih cepat tercapai. Bahkan pada titik karir tertentu (misalnya untuk meraih gelar Profesor) seorang dosen wajib untuk menulis buku teks. Oleh karena itu selain harus banyak membaca buku teks seorang dosen juga harus mampu menulis buku teks.
7 langkah berikut akan membantu anda yang ingin menulis sebuah buku teks.

Langkah 1 - Riset pasar; identifikasi sasaran/pembaca
Langkah pertama yang harus anda harus lakukan untuk menulis buku teks adalah mengidentifikasi pembaca/ sasaran buku teks tersebut. Siapa yang akan membaca atau menggunakan buku teks anda?  Tanyakan apa yang mereka butuhkan untuk topik yang ingin anda bahas dalam buku teks?. Selanjutnya apa yang dapat anda lakukan terhadap hasil identifikasi ini?
1.    Mind mapping, Ide-ide materi buku teks tersebut dapat anda tulis dalam bentuk “mind map”. Semakin banyak informasi yang anda kumpulkan pada tahap ini akan memudahkan anda dalam menulis materi buku teks anda nantinya. Langkah ini akan membantu anda untuk menulis sebuah buku teks yang detil dan terperici. Bagaimana membuat “mind map”dapat anda baca selengkapnya pada artikel “Mind Mapping”.
2.    Temukan problem dan solve problem dari topic tersebut
Cari masalah atau sesuatu yang sulit mereka peroleh dari buku tekss yang ada lalu anda dapat menuliskan pemecahan masalahnya di dalam buku teks nanti.
3.    Coba kumpulkan informasi apalagi yang harus ada dalam buku teks dan membuat pembaca mengerti isi buku teks anda.

Langkah 2 – Menuliskan judul
Mulai menulis sebuah judul untuk buku teks anda, meskipun ini bukan judul final, namun sebuah judul buku teks akan memberikan gambaran yang utuh tentang topik yang anda tulis dalam buku buku teks tersebut. Judul buku yang anda buat  sekarang dapat membantu anda untuk menulis tetap pada alur buku anda . Untuk menulis judul buku teks yang menjual dapat anda baca pada tutorial “ Menulis Judul Buku teks.

Langkah 3- Membuat Outline
Lanjutkan dengan menulis outline buku teks anda. Mind map yang sudah anda susun ketika menentukan ide untuk penulisan buku teks, dapat dikembangkan menjadi sebuah outline yang utuh. Buat daftar isi dan bab-bab beserta sub bab sehingga Anda dapat melihat buku teks Anda secara keseluruhan. Selengkapnya mengenai cara membuat Outline silahkan anda baca artikel Membuat Outline Buku teks.

Langkah 4- Menulis Buku teks
Mulai menulis setiap bab dari buku teks anda. Tulis saja apa yang ada dalam pikiran anda. Yang penting isi buku teks harus menarik, sederhana dan informatif. Hindari mengedit tulisan  selama menulis isi teksbook karena akan menghambat pekerjaan anda. Sertakan gambar dan grafik untuk penjelasan setiap topic dalam buku teks agar pembaca lebih mengerti. Lengkapi materi buku teks dengan lembar evaluasi. Silahkan anda membaca artikel tips menulis isi buku teks yang akan membantu anda dalam mengembangkan setiap ide ke dalam  sebuah paragraf.

Langkah 5- Mengedit Buku teks
Setelah semua topic buku teks selesai anda tulis, anda dapat mengedit buku teks tersebut. Lakukan pengeditan terhadap tata bahasa dan ejaan buku teks anda. Selain itu anda juga dapat meminta seseorang diluar bidang anda yang memiliki penilaian objektif untuk membaca buku teks anda dan memberikan penilaian terhadap tulisan buku teks anda.

Langkah 6- Menerbitkanbuku Buku teks anda
Buku buku teks yang sudah anda tulis tidak akan ada artinya jika tidak diterbitkan dalam bentuk sebuah buku. Anda bisa mengajukan proposal atau mengirmkan naskah buku anda kepada penerbit-penerbit yang sudah berpengalaman dalam menerbitkan buku teks. Selain itu anda juga dapat menerbitkan sendiri buku buku teks hasil tulisan anda seperti yang umumnya dilakukan oleh para penulis pemula. Baca juga artikel Cara Menulis dan Menerbitkan Buku Sendiri.

Langkah 7- Publikasikan buku teks anda
Anda dapat mempublikasikan  dan memasarkan sendiri buku teks anda secara offline dan online. Selain itu anda juga dapat bekerjasama dengan pihak lain untuk mempublikasi dan memasarkan buku teks anda. Tips dan langkah-langkah dalam mempublikasikan buku teks hasil tulisan anda dapat anda baca pada artikel Cara publikasi Buku teks yang diterbitkan sendiri.

Selamat mencoba..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar