Penerbit Edukati ( Reading Writing Publishing ) Penerbit Edukati ( Reading Writing Publishing ) Edukati Press: Galeri Buku

Galeri Buku



Sosiologi Pesisir
Catatan Kecil dari Pedesaan Banten
By : Muhammad Zid, Dewi Sartika, Ahmad Tarmiji Alkhudri


Detail
ISBN   : 9786021923559
Author : Muhammad Zid, Dewi Sartika, Ahmad Tarmiji Alkhudri
Type    : Soft Cover



Synopsis
Pesisir adalah ruang sosial yang signifikan dalam kajian sosiologi. Ruang lingkup kajiannya sangat komprehensif dan menarik untuk dipelajari, terlebih dalam konteks ke-Indonesia-an. Akan tetapi realitas empiris menunjukkan bahwa masyarakat pesisir dalam wacana sosiologi di Indonesia belum mendapat perhatian yang serius. Kecenderungan yang terjadi masih bertahan, mewarisi, dan meneruskan sebuah corak sosiologi kontinental. Kemudian, sosiologi itu sendiri kerap dilihat dalam konteks sosiologi pedesaan dan perkotaan (rural and urban sociology) an sich. Wilayah pesisir (coastal) masih dimasukkan ke dalam konteks pedesaan, sebagai sub bagian teritori yang cenderung dilihat dalam kaitan dengan pusat aktifitas masyarakat secara umum dan mapan. Padahal wilayah dan karakteristik masyarakat pesisir tidak dapat disetarakan secara arbiter dengan desa ataupun kota dalam logika modernitas. Di sinilah teoretisasi sosiologi pesisir perlu dihadirkan secara komprehensif dan paradigmatik agar dapat menyentuh akar segala persoalan masyarakat pesisir dewasa ini. Buku ini adalah pengantar awal yang berupaya mengisi ruang kosbuah catatan kecil etnografi pesisir Banten bagian utara, tepatnya Tanjung Burung.


Menghidupkan
Ruang Sosial Pendidikan
By :  Prof. Dr. Suriani, SH., MA

Detail
ISBN    : 9786021923528
Author : Prof. Dr. Suriani, SH., MA
Type   : Soft Cover



Synopsis


Pemikiran Pendidikan
Ibnu Khaldun
By : Ahmad Tarmiji Alkhudri

Detail
ISBN      : 9786021923511
Author   : Ahmad Tarmiji Alkhudri
Type      : Soft Cover




Synopsis
Pendidikan adalah instrumen penting dalam membangun karakter bangsa (nation character building). Disadari atau tidak, pendidikan juga merupakan investasi jangka panjang suatu masyarakat-bangsa agar dapat melangkah lebih baik menuju kehidupan yang lebih beradab (civilized). Ibnu Khaldun mengatakan "hanya di dalam realitas masyarakat yang memiliki kesadaran akan pentingnya perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan, maka peradaban dan nilai-nilai budaya konstruktif akan dapat ditegakkan."
Lantas pertanyaannya, bagaimana dengan pendidikan di Negeri ini? Sudahkah ia dijadikan leading sector dalam menentukan arah pembangunan bangsa? Sudahkah ia menciptakan manusia-manusia yang memiliki kesadaran diri, spiritual, dan sosial. Atau jangan-jangan ia hanya sekedar kata tanpa makna yang mencipta manusia-manusia hampa nilai, hampa spiritualitas, di mana humanisme tergadaikan lantaran hanya sekedar memenuhi kebutuhan pasar.
Wacana dan solusi pemikiran atas problematika pendidikan nasional bukanlah tidak ada, akan tetapi ia terkesan lahir di ruang hampa dan membatasi persoalan yang bersifat parsial semata. Padahal dibutuhkan solusi yang bersifat pemikiran yang komprehensif dan paradigmatik yang dapat menyentuh akar-akar segala persoalan pendidikan dewasa ini. Untuk itu, kehadiran buku ini dapat mengisi celah atau kekosongan studi pemikiran tentang pendidikan terutama dalam pendekatan sosiologis yang dituangkan melalui gagasan cemerlang seorang intelektual muslim abad 14 yakni Ibnu Khaldun (1332-1406).

Buku ini menyajikan sebuah gagasan yang komprehensif tentang pendidikan dalam ranah mikro dan makro. Dalam arti mikro pembahasan buku ini meliputi filsafat pendidikan, taksonomi kecerdasan, metode pembelajaran, psikologi pendidikan dan kurikulum pendidikan. Sedangkan dalam ranah makro buku ini mengetengahkan esensi pendidikan sebagai instrumen menuju masyarakat yang berkeadaban. Hanya masyarakat yang berpendidikan dan meletakkan pendidikan sebagai leading sector yang mampu menapaki tangga-tangga peradabannya ke arah yang lebih baik. Di sinilah nampak jelas esensi pendidikan sebagai titian peradaban.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar