Penerbit Edukati ( Reading Writing Publishing ) Penerbit Edukati ( Reading Writing Publishing ) Edukati Press: Membuat Judul Teksbook

Senin, 10 Juni 2013

Membuat Judul Teksbook

Bagaimana Membuat Judul Teksbook yang Menjual?

Membuat Judul Teksbook
Judul adalah jendela buku. Ya...ibarat sebuah rumah kita bisa mengintip isi rumah dari jendelanya kan...(tapi jangan ngintip-ngintip rumah orang ya..;). Intinya sih..sebuah judul yang baik harus mampu menggambarkan isi sebuah buku termasuk juga untuk buku teksbook atau textbook ( sama saja kan teksbook sama textbook?).
            Coba saja kalau anda mencari buku di perpustakaan atau bookstore, ya...pokoknya pusat perbukuanlah, anda pasti melihat judul-judul bukunya atau teksbook bin textbooknya, entah itu serius atau hanya sambil lalu saja, sampai suatu ketika anda tertarik pada sebuah judul buku dan akhirnya anda berhenti sejenak. Atau ketika anda memang berniat mencari buku tentang anak misalnya, tidak semua buku yang ada di rak buku yang anda ambil meskipun hanya sekedar untuk membaca sinopsisnya saja, beberapa judul buku saja yang akhirnya membangkitkan minat anda untuk membaca buku tersebut (meskipun akhirnya gak jadi beli buku, he..;;)
Menentukan judul buku atau teksbook yang baik, menarik dan intinya “menjual” pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan menentukan model jendela rumah. Misalnya, sama-sama harus sesuai tema. Kalau rumah temanya minimalis ya jendelanya minimalis jangan modelnya yang tema kerajaan. Begitupun judul buku atau teksbook, kalau isinya tentang psikologi anak ya judulnya harus psikologi anak juga.
Lalu, judul buku atau teksbook yang baik dan menjual  itu yang seperti apa ya? Sebenarnya  tidak sulit menentukan judul buku atau teksbook agar terlihat menarik dan....  menjual (soalnya kalau sudah menulis buku atau teksbook alias textbook, bawaannya kepengen jualan aja, he...). Yap, tak kenal maka tak sayang, begitu kata pepatah. Makanya sebelum mencari judul buku untuk teksbook atawa textbook yuk kenali dulu beberapa kriteria judul buku teksbook yang menarik dan menjual itu.
1.    Dimulai dengan “ bagaimana cara............?”
Banyak orang tertarik dengan kata-kata yang  memberikan petunjuk, menawarkan bantuan atau solusi untuk masalah-masalah tertentu.  Misalnya judul teksbook anda adalah ”bagaimana cara meningkatkan produksi ikan lele?” maka orang-orang yang kebetulan mempunyai ternak ikan lele, atau hanya punya kolamnya saja atau bahkan yang sekedar hobi pecel lele bisa jadi akan tertarik untuk membaca buku anda.
2.    Kalimat sederhana dan informatif
Buku teksbook yang anda tulis nantinya akan bersanding dengan ribuan buku lainnya yang bisa jadi menawarkan informasi yang sama. Karena itu, Judul buku anda harus dapat menarik perhatian pembaca dalam 30 detik. Itulah kenapa judul harus ditulis dengan kalimat yang sederhana namun langsung memberikan informasi isi buku anda. kalau anda gagal menarik perhatian dalam 30 detik pertama, ya anda kehilangan peluang untuk menjual teksbook anda.  
3.    Mengandung penekanan
Strategi lain yang bisa digunakan untuk menciptakan judul textbook yang menjual adalah dengan menggunakan kalimat yang mengandung penekanan. Tentu penekanan disini tidak sama dengan teknik akupuntur toh...intinya ya...menekan aja. Contohnya “ Mahir berbahasa jepang dalam 24 jam”. Wooww... 24 jam langsung mahir bahasa jepang, 24 jam gitu loh....ya namanya juga jualan jadi harus pintar menarik perhatian pembaca and pembeli toh, maka begitulah caranya.
4.    Menyertakan manfaat
Syarat ke empat yang dipandang cukup ampuh untuk menarik perhatian pembaca atau pembeli di toko buku . Hal terbaik ketika judul buku anda membuat orang merasa mendapat jawaban atas masalah mereka dan merasa “ ....ini dia”. Tentunya isi buku atau textbook anda harus mampu membayar rasa penasaran tentang manfaat yang anda tawarkan pada judulnya. Jadi..selanjutnya terserah anda..
Oke deh..Sekarang anda sudah punya gambaran kan tentang judul buku atau tektbook yang akan ditulis. Namun dari keempat hal di atas, anda tidak akan menghasilkan apapun kalo anda belum menulis buku atau textbooknya. Jadi mulai menulis saja. Masih tidak pede? Itu hanya soal waktu saja, pada penerbangan perdana para pilot pesawat juga suka nervous, tapi kalau jam terbangnya semakin banyak akan semakin biasa. Begitu juga anda, okey...selamat menulis buku.
Kami penerbit Edukati siap untuk menerbitkan buku karya anda dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang bersaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar